DISIPLIN DIRI

 
  • Written by:  Dini Sofyan
  • Date Posted:  June 21st, 2011
  • Category:  Personal Development
  • Comments:  Comments Off

Disiplin diri merupakan kemampuan untuk berbuat sesuatu yang positif dalam suasana hati atau kondisi emosi apapun sesuai dengan janji yang dibuat terhadap diri sendiri.  Sebagai contoh, anda sebagai orang yang dikenal mudah tersulut marahnya, berjanji pada diri sendiri untuk tidak mudah marah kepada siapapun.  Karena anda mempunyai keinginan membangun disiplin diri yang kuat, dengan janji ini anda akan berusaha untuk menekan rasa marah tersebut, misalnya dengan mengucapkan kata-kata pujian kepada Allah, menarik nafas dalam-dalam ataupun bersikap diam dan menghindar dari tempat sumber kemarahan tadi.  Kebiasaan disiplin diri ini akhirnya akan membentuk persepsi positif terhadap kepribadian anda sebagai orang yang sabar.

 

Bentuk disiplin diri antara lain juga terlihat dari cara seseorang menghargai waktu.  Individu yang mempunyai disiplin diri yang baik akan selalu memanfaatkan waktu dengan melakukan kegiatan sehari-hari secara teratur, menghargai waktu orang lain dengan menepati janji, dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya membaca, berolahraga atau beristirahat.  Dengan disiplin diri berarti menghargai semua potensi yang ada disekitar kita untuk kehidupan yang baik dan teratur.  Menjadi disiplin karena kesadaran akan manfaatnya, akan menjadikan kita sebagai orang yang dihormati orang lain, berkembang secara independen dan tentu saja menjadi contoh yang baik buat orang disekitar kita.

 

Untuk mengembangkan disiplin diri yang baik, langkah berikut ini dapat dijadikan pegangan:
Terlebih dahulu memahami manfaat disiplin diri untuk pengembangan kepribadian yang positif.  Untuk mudahnya, perhatikan bentuk disiplin diri para panutan anda atau orang-orang yang menurut anda berhasil dalam hidupnya.
Memahami bahwa hidup kita ditentukan terutama oleh sikap kita dalam menghargai potensi yang ada disekitar kita.  Sebaik apapun nasehat yang kita peroleh agar berhasil dalam mengarungi hidup ini, tanpa melakukan sesuatu secara disiplin untuk mencapai keinginan tersebut, semuanya hanyalah mimpi, hidup anda digerakkan oleh disiplin anda dan berada ditangan anda sendiri.
Menentukan bentuk disiplin diri yang dibutuhkan agar berhasil dalam menuju hidup yang berarti dan bermanfaat. Bentuk disiplin diri dapat bermacam-macam, mulai dari secara teratur menjalankan ibadah, menjaga kesehatan melalui makan yang terkendali dan berolahraga, membaca buku-buku yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan, menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat sampai dengan berjanji untuk tidak merokok karena menyadari dampak negatifnya terhadap kesehatan.
Menjalankan  janji disiplin diri tersebut secara konsisten dalam suasana hati atau kondisi emosi apapun.
Merenungi secara berkala realisasi janji tersebut.  Jika berhasil, anda berikan pujian atau penghargaan terhadap diri sendiri dan jika gagal, temukan penyebabnya agar tidak terulang kembali.

 

Mari bangun dan tingkatkan disiplin diri yang dapat membuat kita mengarungi hidup ini dengan penuh percaya diri, menghormati dan dihormati orang lain, dan memanfaatkan potensi diri yang ada secara maksimal.

 

Comments are closed.

  • Selamat Datang

    Disitus Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia Indonesia. Tempat untuk berbagi dan berkomunikasi para praktisi SDM Indonesia.
  • Register Member PMSM

  • Search

PMSM Indonesia is proudly powered by WordPress 3.9.2 Entries (RSS) Comments (RSS).