Article Top Ad
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header

Belakangan ini kurang lebih 3-4 tahun terakhir ini ,isu menangani generasi milenial mulai banyak di bicarakan. Terutama di kalangan praktisi HR, Dosen , pengusaha dll. Perbedaan yang menyolok dalam pola kerja,pola piker anatar generasi sebelumnya dengan generasi millennial ini yang sering menimbulkan permasalahan-permasalahan komunikasi di dunia kerja khususnya. Padahal sekarnag kurang lebih 35% angkatan kerja adalah generasi milenial.

Permasalahan antar generasi inilah yang dicoba diangkat oleh komunitas praktisi SDM di Jogja dengan membuat HR Meet & Talk  dengan tema “Leading Millenial Generation”.

Komunitas praktisi SDM yang bernama PMSM (Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia), yang didirikan dari gabungan dua organisasi SDM yaitu AMSM (Asosisasi Manajemen Sumberdaya Manusia Indonesia) dan APSDM (Asosiasi pengembangan Sumberdaya manusia Indonesia) pada tanggal 13 Mei 2000 di jakarta

Dengan VISI  : Diakui sebagai organisasi Manajemen Sumberdaya Manusia kelas dunia.

Dan MISI : Mendorong peningkatan kompetensi profesional praktisi Manajemen Sumberdaya Manusia agar dapat diakui ditingkat International.

Saat ini pengurus PMSM pusat dipimpin oleh Pambudi Sunarsihanto, yang sehari-hari beliau adalah HR Director dari Aqua Danone.

Melihat geliat dinamika SDM yang begitu dinamis,maka pengurus pusat memutuskan untuk membuka banyak perwakilan di daerah sebagai kepanjang tanganan dari pengurus pusat, sehingga sampai saat ini sdh ada perwakilan didaerah yaitu :

  • DPD Jawa Barat
  • DPD Bali
  • DPD Jawa Timur
  • DPD Jawa Tengah
  • DPC Pasuruan
  • DPC Surabaya
  • DPC Makassar
  • DPC Malang

Untuk DPD Yogyakarta dilantik tanggal 18 September 2017, bersamaan dengan acara HR Meet & Talk: “Leading millennial Generation” dengan menghadirkan 4 HR Director ,yaitu :

  1. Bpk Pambudi Sunarsihanto ,HR Director Danone : Leading Transformation in VUCA World
  2. Bpk Rudy Afandi, HR Director General Electric : Talent Management (Best Practice dr GE)
  3. Bpk Dani Daksinaputra, HR Director Adani Global : Mentoring Millenial
  4. Bpk Wing Antariksa ,HR Director ASDP Ferry (BUMN) : Developing Your Career

Acara yang dibuka dengan sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia di DIY, yaitu bapak Budi Hananto, yang menyambut baik acara HR Meet & Talk seperti ini, karena bias menambah kompetensi dari para pelaku di dunia SDM.

Dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Bapak dr. Andung prihadi Santosa,M.Kes menyampaikan HR Meet & Talk dari PMSM ini akan meningkatkan kompetensi praktisi HR yang tentunya akan membantu dalampengelolaan SDM di perusahaan masing-masing.

Ke empat pembicara sepakat jika hanya generasi millennial lah yang memahami dirinya sendiri. Walaupun demikian setiap praktisi SDM harus berusaha memahami perubahan dan perbedaan ini.

Pambudi Sunarsihanto dalam pemaparannya menyampaikan, jika ingin sukse dalam transformasi, ada 3 hal yang harus dilakukan : leading your team, leading your bussines dan leading yourself.

Rudi Afandy menambahkan dengan berbagi pengalaman dalam membuat Talent management bagi generasi millennial, dimana mereka sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa. Yang pertama adalah harus menemukan orang yang tepat, kemudian kembangkan kemampuan mereka dengan 3 hal < collaborative, experiential dan meritocracy.

Pembicara ketiga, Pak Dani Daksinaputra , menyajikan konsep mentoring dengan setiap orang memiliki mentor yang berperan sebagai buddy (buddy system), dimana yang jadi buddy adalah orang-orang terpilih yang memiliki kematangan dan kompetensi yang cukup.

Terakhir Bapak Wing Antariksa memaparkan mitos-mitos dan fakta tentang generasi millennial dan bagaimana cara membangun karir yang tepat bagi generasi millennial ini.

 

Acara HR Meet & Talk yang dihadiri kurang leboh 250 peserta, yang terdiri dari kalangan mahasiswa, Dosen, Praktisi HR, konsultan dan pengusaha ini berjalan dengan sukses dan lancer.

Di dalam acara ini juga dilakukan pelantikan pengurus PMSM DPD Yogyakarta masa kerja 2017-2020.

Pengurus DPD PMSM Yogyakarta ini diketuai oleh Dimas Novriyanto.

Dengan terbentuknya kepengurusan DPD PMSM Yogyakarta ini maka para praktisi SDM di Jogja akan memiliki wadah untuk saling berinteraksi dan belajar tentang kompetensi di bidang Sumber daya manusia.

PMSM DPD Yogyakarta membuka diri bagi pelaku SDM untuk bergabung sebagai anggota dengan mendapatkan banyak fasilitas dan keuntungan untuk mengembangkan diri. Para pelaku SDM bias mendaftarkan online melalui www.pmsm-indonesia.com

 

Yogyakarta, 18 September 2017

Dimas Novriyanto
Ketua DPD PMSM Yogyakarta

Article Bottom Ad
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here