Raker PMSM DPD Jateng

0
121
Article Top Ad
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header

PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah masih menggaungkan tema besar tahun 2018, “Sinergy to Elevate”  bersinergi untuk memperluas wawasan, dan meninggikan martabat praktisi SDM melalui kegiatan-kegiatan bermutu yang berorientasi pada memaksimalkan fungsi pencerahan anggota PMSM.

“PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah selain menggarap peningkatan kualitas SDM juga terus merajut jejaring kerjasama dengan pemerintah serta universitas. Hal ini untuk, menyambut dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0. yang merupakan integrasi pemanfaatan internet dengan lini produksi di dunia industri (internet of things).

Perumusan strategi dan langkah-langkah organisasi, pada tanggal 25 Maret 2018 PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah mengadakan Rapat Kerja Pengurus dan Pembina, di Resto Timlo Solo, Ungaran. Sebuah Heritage Resto yang menyuguhkan makanan dan sebuah tempat rapat yang sejuk untuk berpikir dan merumuskan langkah organisasi.

Dr. Hasan Abdul Rozak, S.H., CN, M.H., M.M., Pembina PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah dalam sambutan dan arahannya menekankan bahwa Kita (PMSM Indonesia) harus punya militansi dan kenyakinan untuk membawa Asosiasi Profesi MSDM lebih maju berdaya saing di era disruption; Masa Revolusi industri 4.0.  Melalui Raker 2018 inilah, PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah melakukan sinergi percepatan penuntasan masalah kompetensi SDM di Jawa Tengah.

Rapat Kerja berlangsung mulai jam 09.30 hingga jam 15.00; Titi Agustina, S.E., Cmt, CPHRM. Ketua PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah dalam pengantar Raker mengatakan bahwa Rapat Kerja PMSM DPD Jawa Tengah, merupakan media strategis untuk identifikasi persoalan, mendiskusikan alternatif solusi, forum ini merupakan ajang komunikasi dan silahturahmi intelektual para pengurus untuk mengidentifikasi tidakan prioritas (priority area of action).

Dalam Raker kali ini, ketua PMSM DPD Jawa Tengah, Titi Agustina memberikan penekanan sebuah konsep roadmap mengenai strategi Indonesia dalam implementasi memasuki Industri 4.0. Mendukung pemerintah mendukung strategi Indonesia memasuki Industri 4.0 : salah satu strategi adalah menyiapkan lima sektor manufaktur yang akan menjadi percontohan untuk memperkuat struktur industry, yakni industri makanan dan minuman; industri otomotif; industri kimia; industri elektronika serta industri tekstil dan pakaian jadi.

PMSM Indonesia ketiban sampur dalam melaksanakan salah satu dari 10 strategi skala prioritas nasional yakni peningkatan kualitas SDM:

  1. Perbaikan alur material
  2. Mendesain ulang zona industry
  3. Peningkatan kualitas SDM
  4. Pemberdayaan UMKM
  5. Menerapkan insentip investasi teknologi
  6. Pembentukan ekosistem inovasi
  7. Menarik investasi Asing
  8. Harmonisasi Aturan dan Kebijakan
  9. Membangun Infrastruktur Digital Nasional
  10. Akomodasi Standar Sustainability

Dalam konteks sumber daya manusia (SDM), saat ini global mega-trends sedang terjadi dalam segala aspek kehidupan. Hal ini ditandai dengan adanya Globalisasi, Perkembangan Teknologi, Digitalisasi, Perubahan Demografi, Perubahan Iklim, Perubahan Nilai-Nilai, serta Interdepedensi antar negara. Hal tersebut merupakan konsekuensi logis dari adanya global mega-trends, sekaligus sebagai tantangan yang harus disikapi secara tepat, strategis, dan efektif sehingga SDM kita mampu bertahan dan unggul dalam persaingan global saat ini.

Langkah untuk peningkatan Kualitas SDM, maka PMSM Indonesia sebagai asosiasi profesi mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan yang mengarah pada peningkatan daya saing global SDM Indonesia pada situasi yang semakin dinamis dan kompetitif ini. Bentuk nyata kerja organisasi PMSM Indonesia DPD Jawa Tengah akan mengadakan Uji Kompetensi MSDM bagi para pelaku MSDM di Jawa Tengah di bulan Mei- Juni 2018.

Semarang, 25 Maret 2018

 

 

Article Bottom Ad
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header
PMSM Banner Header

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here